Menjaga Kehandalan Alat Ukur Bukti Komitmen PGN dalam Mewujudkan Energi Berkeadilan

 In Berita

Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (12/02) – PT. Sinar Sosro menjadi salah satu dari 210 pelanggan industri dan komersial pemakai gas bumi di PGN area Sidoarjo – Mojokerto. Saat ini PGN telah membangun infrastuktur jaringan pipa lebih dari 400 kilometer di daerah Sidoarjo sampai Mojokerto untuk menyalurkan Energi Baik bagi kebutuhan domestik berbagai segmen, mulai dari industri, komersial, sampai dengan rumah tangga. Oleh karena itu, PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) melalui salah satu anak usahanya PT. PGAS Solution terus berkomitmen senantiasa memberikan pelayanan terbaik untuk menambah nilai tambah bagi seluruh pelanggan. Pelayanan terbaik selalu diberikan mulai dari kegiatan Operation & Maintenance terhadap setiap aset yang dimiliki PGN sampai layanan Service Excellence lainnya ke setiap pelanggan agar dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan, serta tetap menjamin kehandalan aliran gas bumi sampai kepada pelanggan.
Adapun kegiatan Operation & Maintenance yang dilakukan PT. PGAS Solution mulai dari perawatan berkala terhadap aset-aset milik PGN. Salah satu contoh layanan terhadap pelanggan adalah kegiatan Penggantian Meter Industri pada Meter Regulating Station (MR/S) yang ada di setiap pelanggan. Secara umum kalibrasi merupakan perbandingan antara pengukuran (standar) yang diketahui dengan pengukuran standar menggunakan instrument dan setiap alat ukur memiliki standar keakuratan yang akan diuji. Kalibrasi alat ukur memiliki tujuan yaitu untuk memastikan keakuratan alat ukur dan memenuhi sisi legalitas yang ditentukan oleh Pemerintah.
Bagi industri manufaktur, proses pengukuran pada instrumen harus terkalibrasi hingga mendapatkan hasil yang akurat. Kegiatan penggantian meter gas yang dilakukan bertujuan untuk memastikan meter gas yang terpasang di pelanggan dapat mengukur pemakaian gas pelanggan secara akurat. Untuk kegiatan penggantian meter oleh PGAS Solution yang ada di MR/S dilakukan terjadwal ketika meter gas masuk habis masa kalibrasi. Apabila kondisi kahar penggantian meter gas dilakukan sesuai prosedur yang ditentukan oleh PGN.
Dalam kegiatan penggantian alat ukur dilakukan sesuai dengan Instruksi Kerja yang telah ditetapkan oleh Perusahaan. Hal ini tidak hanya mengganti meter turbine saja, namun dilakukan juga penggantian alat ukur lainnya, seperti Pressure Gauge Inlet, Pressure Gauge Outlet dan Temperature Gauge. Alat ukur tersebut bertujuan untuk mengukur tekanan gas dan suhu yang mengalir pada MR/S tetap sesuai pada kontrak perjanjian jual beli gas. Pada saat penggantian meter, dilakukan juga setting pada Electronic Volume Converter (EVC) yang bertujuan mengkalkulasi pemakaian gas pelanggan.
Dari sisi kepuasan pelanggan, PT. Sinar Sosro merasa puas dengan layanan yang diberikan oleh tim Operation & Maintenance PGAS Solution. “Petugas-petugas PGN telah memberikan pelayanan yang bagus, mulai dari perawatan stasiun meter gas secara berkala, pencatatan meter, bahkan sampai penggantian meter sekarang ini terlihat sangat professional”, seperti yang dikatakan oleh Kusnadi, selaku Kepala Unit Utility Sinar Sosro yang melakukan pendampingan pada saat proses penggantian meter. Selain itu, pelanggan juga berharap agar pelayanan yang seperti ini terus dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi, serta ketersediaan pasokan gas bumi tetap terjaga agar keberlangsungan pemanfaatan Energi Baik guna mendukung proses dalam industri.

Contact Us