Indeks Kepuasan Pelanggan PT PGAS Solution Capai Nilai 92,01

 In Berita, News

Jakarta, Rabu (29/02) – PT PGAS Solution memperoleh nilai 92,01 untuk Kepuasan Pelanggan berdasarkan survei yang dilakukan pada Bulan Oktober – November 2019 lalu. Survei kepuasan pelanggan ini rutin dilakukan satu tahun sekali oleh PT PGAS Solution sejak tahun 2015. Dari hasil survei yang telah dilakukan, indeks kepuasan pelanggan PT PGAS Solution cenderung meningkat setiap tahunnya. Di tahun 2019 ini menjadi nilai tertinggi yang diperoleh PGAS Solution selama menyelenggarakan survei kepuasan pelanggan.
Survei dilakukan di 13 perusahaan, baik di internal PGN Grup maupun eksternal PGN yang menjadi pelanggan PT PGAS Solution selama tahun 2018 hingga 2019. Jika dilihat dari tren selama 5 tahun terakhir, pada tahun 2015 PGAS Solution masih memiliki tingkat kepuasan pada kategori kurang baik, yaitu sebesar 65,42. Dan di dua tahun terakhir menjadi titik puncak peningkatan kepuasan pelanggan PGAS Solution. Jika dibandingkan dengan tahun 2018, pada tahun 2019 ini mengalami peningkatan sebesar 4,46 poin dengan nilai kepuasan 87,55 di tahun 2018.
Adapun parameter yang diukur dalam survei kepuasan pelanggan ini berdasarkan 10 aspek pelayanan yang meliputi reliability, responsiveness, competence, acces, courtesy, communication, credibility, security, understanding, dan tangibles. PGAS Solution memiliki keunggulan utama pada aset personil yang mampu membuat pelanggan PGAS Solution merasa sangat puas. Personil PGAS Solution dinilai ramah dan memiliki kerjasama yang baik, serta mampu memahami dan menjalin kedekatan dengan pelanggan. Selain itu, PGAS Solution dinilai memiliki prioritas yang tinggi terhadap aspek safety dan privacy.
“Survei ini sebagai indikator apakah “service delivery” perusahaan telah sesuai dengan harapan dari pelanggan, baik produk maupun layanan” ujar Kepala Divisi Pemasaran PT PGAS Solution, Iqbal Fuady. “Dan hasil ini merupakan suatu kabar gembira bagi perusahaan karena menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi, bahkan melampaui rating tahun sebelumnya. Yang juga menggambarkan bahwa PGAS Solution berhasil memberikan layanan yang terbaik (excellence service) untuk pelanggan perusahaan,” lanjutnya.
Melalui survei terhadap pelanggan, dapat diketahui seberapa puas pelanggan PGAS Solution terhadap layanan yang diberikan. Lebih jauh lagi dapat diketahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi kepuasan pelanggan PGAS Solution. “Diharapkan bahwa survei pelanggan ini selalu dijadikan pegangan bahwa hasil terbaik dari suatu proses adalah pemenuhan kebutuhan pelanggan (customer objective delivery) yang tetap berada didalam koridor kewajaran” imbuhnya.

Contact Us